Rokok Arab / Shisha

9 07 2007

Para ”ahli hisap” asal Timur-Tengah di London tak lagi bisa nongkrong di warung dan menikmati tradisi shisha menyusul larangan merokok di tempat umum 

Hidayatullah.com–Mulai awal Juli ini,  kegemaran Kate, nongkrong bersama teman-temannya di warung sembari mengisap ’rokok Arab’ akan berakhir. Kebiasan sejak usia 20 tahun  menghirup ’asap beracun’ itu  terancam pasca larangan merokok di tempat-tempat umum  oleh pemerintah Inggris yang mulai berlaku tanggal 1 Juli 2007  kemarin, sekaligus mengancam tradisi ngerumpi menyedot shisha.shisha-saf-mag-300.jpg

Shisha, atau kerap disebut ’rokok Arab’, karena memang berasal dari negara-negara di kawasan Timur Tengah. Tak sebagaimana layaknya rokok pada umumnya, shisha menggunakan tabung kaca yang diisi air dan tembakau yang dibakar dengan arang. 

Untuk mengisapnya, si penikmat harus menggunakan alat khusus bernama bong. Penikmatnya bisa mendapatkan sensasi berbeda karena asap yang diisap tersedia dalam beragam aroma, dari buah-buahan hingga bunga-bungaan.

Shisha sebenarnya adalah salah satu kebudayaan bangsa Arab dan Timur Tengah yang sudah berumur ratusan tahun. Biasanya, para pria dan wanita nongkrong di cafe sambil menghisap tembakau di pipa shisha ini. 

Tradisi seperti ini nampaknya ikut terbawah keturunan Timur-Tengah hingga ke belahan dunia. Sejumlah warga asal Timur-Tengah di Inggris, misalnya, masih mempertahankan tradisi ini.  

Kate sendiri, yang kerap datang ke warung shisha, mengaku sulit untuk menjelaskan kegemarannya itu. “Tapi kira-kira hampir sama dengan menikmati kesendirian sambil berendam di bak mandi yang diberi aroma,” tuturnya sebagaimana dikutip BBC.

Warung shisha pertama di Inggris muncul di Jalan Edgware, London Utara, pada tahun 1970-an, sejalan dengan semakin meningkatnya kedatangan warga Teluk.

Pesta akan usai?

Dalam waktu 5 hingga 10 tahun belakangan, warung-warung shisha makin menjamur di Inggris, khususnya di daerah Manchester dan Birmingham.

Para penikmatnya bukan lagi sekedar warga keturunan Arab, tapi dengan latar belakang etnis yang beragam.

Namun mulai tanggal 1 Juli 2007, shisha akan dilarang di ruang umum tertutup, sejalan dengan larangan merokok, walaupun hampir semua orang di dalam warung itu menghisap shisha.

Kate, yang mulai menghisap shisha sejak muda, mengatakan menjadi pelanggan tetap di Markaz, warung shisha kelas atas di Bradford, Inggris Tengah.

Di warung itu tersedia berbagai aroma shisha, seperti semangka, jeruk, jeruk nipis, maupun apel.

Para penggemar shisha di Markaz duduk di kursi ukiran Maroko dengan santai, ada yang mengenakan kerudung dan ada juga pasangan manula kulit putih.

Sementara musik Arab dan Asia Selatan, yang bercampur dengan ritme Barat, mengalun mengisi ruangan.

Bagaimana reaksi larangan merokok di tempat umum terbuka bagi Kate dan para penggemar shisha?  “Saya tahu akan kehilangan tempat untuk ngobrol bersama teman-teman sesama Muslim, karena kami tidak bisa ke pub,” kata Kate.

Warung shisha memang menjadi alternatif untuk bersosialisasi dan beberapa orang bisa menghisap shisha bergantian dari selang yang sama.

Upaya mempertahankan

Saat ini diperkirakan terdapat sekitar 600 warung –dengan berbagai tingkatan dari yang sederhana hingga yang mewah– di seluruh Inggris. Dan sekitar 30.000 hingga 40.000 orang datang ke barisan warung shisha di Jalan Edgware, London.

Namun shisha tidak mendapat pengecualian berdasarkan Undang-undang Kesehatan Inggris tahun 2006, yang melarang orang merokok di ruang umum tertutup. Artinya, mulai tanggal 1 Juli kemarin,  akan banyak warung shisha yang terancam tutup.

Pada musim panas, para penikmat shisha masih bisa duduk di luar, namun memasuki musim dingin tentu akan sulit menikmati shisha di bawah bekunya angin.

Dan Shishawi, yang merupakan warung shisha terbesar di London, berupaya untuk mendapatkan pengecualian. Shishawi selama ini mendapat ijin untuk buka selama 24 jam, dan ada layar lebar untuk para pengunjung dengan tayangan film Libanon.

Salah satu pelanggan utamanya adalah Ibrahim Nur, yang mempelopori kampanye pengecualian untuk shisha.

Ibrahim Nur, adalah mantan pengacara, dan shisha pesanannya selalu lebih keras dari yang biasa; sedikit aroma tapi lebih banyak tembakau. “Kalau anda melihat dampak dari larangan shisha sebagai budaya, itu sama dengan menghancurkan seluruh pola kegiatan komunitas,” katanya.

Dia menyayangkan pemerintah Inggris yang tidak berkonsultasi dengan komunitas penghisap shisha, walau pemerintah Inggris mengatakan mereka diberi kesempatan untuk mengajukan keberatan.

Perjuangan sudah terlambat

Pemerintah Inggris juga menegaskan mereka tidak bisa membiarkan sekelompok masyarakat minoritas untuk merusak kesehatan mereka sementara yang lainnya mendapat perlindungan.

Dr. Azzam Tamimi, salah seorang pegiat masyarakat Islam di Inggris, mendukung larangan atas shisha di tempat umum tertutup.

Menurutnya shisha sama saja dengan merorok dan secara prinsip dilarang oleh ajaran Islam. “Saya orang yang percaya bahwa Islam melarang rokok karena orang dilarang untuk melukai dirinya sendiri,” tuturnya.

Agaknya kecil kemungkinan jika penikmat shisha bisa mendapat pengecualian dari pemerintah Inggris.

Banyak pemilik yang sadar bahwa perjuangan sudah terlambat, dan 18 warung shisha di Inggris memilih untuk tutup, sedang 22 lagi sudah menyampaikan pemberitahuan kepada para pemilik bangunan yang mereka sewa.

Meski shisha memiliki banyak rasa; apel, strawberry, melon, mint, dll. Menggunakan shisha, tetap sama dengan merokok. Shisha juga memiliki efek yang sangat berbahaya untuk kesehatan badan kita, karena didalamnya mengandung sekitar 4000-an senyawa kimia yang sangat berbahaya. Bila rokok pada umumnya diklaim bisa menjadi faktor pendorong penyakit paru-paru, jantung, berbahaya untuk ibu hamil dan janin. Shisha pun memilki efek yang sama. Karena itu, keputusan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang mengatakan efek shisha sama saja dengan merokok. [bbc, cha dan beberapa sumber/www.hidayatullah.com]

About these ads

Aksi

Information

23 responses

9 07 2007
nandarfaiz

Jangan merokok deh, apalagi rokok arab kan lebih gede tuh

11 07 2007
kump45

kok ky sabu² ya?

5 10 2007
abi

jangan ditutup,khan shisha itu enak……!
coba dech pasti kangen lagi

10 10 2007
udey

shisha.. bikin ngilangin ketagihan ngerokok..
dan sekarang kebiasaan ngerokok djisamsoe kretek 2 hari 1 bungkus… ilang.. diganti kebiasaan nge-shisha 2 hari 1x…

25 10 2007
Andrianto

Mending shisha saya mah dr pada rokok beneran…..
sama2 dpt asap, tp rasa beda efek beda [eh ga tau denk efek nya, tp yg jelas ngerokok gw jadi agak kurang gara2 tau shesa,,,,,,,, asap nya jadi ga enak soal na....]

20 11 2007
rizoa

aku maw shesa

18 09 2008
Y Adrians

Klo boleh tau dimana beli alat sama sari buahnya, klo tau tolong kabarin apalagi tau tempet belinya di palembang

1 11 2008
antk

shesa tu enk teu dri pda nyabu ya mending nyisa lah,bt ngilangin pikiran suntuk cz ngbrl2 ngalor-ngidul ma tmn2.bisa jg sharing2 sambil udud shesa……..bulll………….suegere………….hmmm……

6 11 2008
HIMAWAN

beneeeeeeeer shisha itu memang top abisssssssssss……

1 12 2008
ciwenz

trus kalo beli perlalatan buat shisa sendiri dimana??/
ada yang tau tempatnya nggak????

lumayan buat buka usaha kecil2an untuk tambah uang kuliah…

hehehe.. trim’s

6 06 2009
tooru

spt na bisa HIV juga.. selangnya steril gk tuh??

26 09 2009
nikki chan

ada artikel yang menyebutkan kalau shisha 40x lebih berbahaya daripada rokok biasa 0,0 waw….

6 11 2009
bagus......dw

shisha…….ya jelas ngga’ enak ……namanya jg sisa…..pada gosok gigi belum ya………….?

4 03 2010
jamz

gw gax mau comentar apa2 tentang shisha karena pasti prediksi orang berbeda2
lebih baik gw menjadi penikmat n pemburu shisha enak dan gax dipungkiri juga ternyata dari hobi gw bisa menghasulkan uang lo !!!!
Bwt looooo semua kalo ada yg ingin beli alat2 shisha lengkap tinggal hub gw aja okkkkkkkkk dateng aja ke fb gw jamzonly@ymail.com loooo add gw n gw approfe gw kasih dah foto2 nya n harga plus no tlp gw gw jamin murah deh

10 06 2010
farid

biar nga terlalu kena efek dari nikotine,, kurangin aja cengkeh-nya … banyakin syirup-nya … sama kalo nyedot pelan2 enak deh pokonya :)

ada yang bilang lebih bahaya dari rokok biasa?? soalnya kebanyakan cengkeh sihh, ditambah penelitinya RASISME :$

16 08 2010
bobby chandralie

mantap

29 08 2010
iconk

kalo rokok di larang semua

16 12 2010
UDA

SAYA PENGIN NERASAIN SHISA UNTUK NGILANGIN ROKOK

23 12 2011
Abraham

Rokok asapnya ga enak, bau, jadi pngen ngludah terus, dan pasti berbahaya buat kesehatan, kalo shisha asapnya wangi, jauh lebih ringan, ga polusi karna langsung ilang asepnya, masalah bahaya atau ga bahaya shisa bisa diatur takarannya.. Jadi shisha bagus buat ngilangin candu rokok menurut kami..

14 01 2012
nivi astrio

apa kah sisa itu termauk narkoba

17 02 2013
Immigration Lawyers Graves end

I really love your blog.. Excellent colors & theme. Did you develop
this amazing site yourself? Please reply back as I’m looking to create my very own site and would like to find out where you got this from or exactly what the theme is called. Appreciate it!

17 02 2013
artists visa

Hey there! I know this is kind of off topic but I was wondering if you knew where I could find a captcha
plugin for my comment form? I’m using the same blog platform as yours and I’m having difficulty finding one?
Thanks a lot!

11 06 2014
della

sisa itu mirip sabu*, tapi kata nya sisa itu untuk ngilangin kecanduan ngerokok

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: