SBY Marah Gara-Gara Kecolongan RMS

29 06 2007

SBY Marah Disuguhi Bendera RMS dan Tarian Cakalele

(M Hanafi Holle – detikcom)

lizzy.gif

  • Ambon – Dengan bertelanjang dada dan membawa parang serta tameng, 40 pendukung Republik Maluku Selatan (RMS) menarikan tarian cakalele (tarian perang). Bendera RMS pun dibentangkan. SBY yang menyaksikannya terkejut dan marah.
  • Kedatangan pendukung RMS tidak disangka-sangka dalam peringatan Hari Keluarga Nasional ke-14 di Lapangan Merdeka Ambon, Jalan Pattimura, Ambon, Jumat (29/6/2007).
  • Tarian ini disajikan setelah Gubernur Maluku Albert Karel Ralahalu memberikan sambutannya, tepat di tengah-tengah lapangan dan berjarak 5 meter dari panggung tempat SBY duduk.
  • Meski diguyur hujan, mereka menari dengan penuh semangat sambil membentangkan bendera RMS atau benang raja yang berwarna merah, putih, biru dan hijau ukuran jumbo.
  • Tarian itu sontak mengejutkan SBY, sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu, dan tamu undangan lainnya. SBY pun langsung berdiri dan memperingatkan.
  • “Jangan orang lain yang berbuat semua kena getahnya,” kata SBY yang mengenakan setelan jas warna abu-abu itu dengan nada menahan marah.
  • Kapolda Maluku Brigjen Guntur Gatot Setiawan berserta anak buahnya dan Paspampres turun tangan. Pendukung RMS itu langsung diamankan. (aan/nrl)

RMS Kompak Kenakan Kolor Bermotif Bendera RMS (M Hanafi Holle – detikcom)

  • Ambon – Setelah ditangkap aparat keamanan, 30 pendukung RMS diminta melepaskan celananya. Ternyata mereka mengenakan celana kolor yang sama dengan motif bendera RMS. Ada juga yang melarikan diri.
  • Tidak ada perlawanan dari pendukung RMS saat dibekuk aparat keamanan saat peringatan Hari Keluarga Nasional ke-14 di Lapangan Merdeka Ambon, Jalan Patimura, Ambon, Jumat (29/6/2007). Acara ini dihadiri Presiden SBY.
  • Namun ada juga yang melarikan diri masuk ke gang-gang di Jalan Pattimura. Aparat kepolisian pun terus mengejar.Bagi yang tertangkap, mereka diminta melepas celananya. Ternyata pendukung RMS kompak mengenakan celana kolor bermotif bendera RMS dengan warna merah, putih, biru, dan hijau. Ada juga yang menyimpan bendera RMS ukuran kecil di saku celananya.
  • Bendera RMS ukuran jumbo yang disimpan di dalam alat musik tradisional Tifa pun ikut diamankan. Pendukung RMS itu langsung digiring ke Mapolda Maluku dengan mengendarai truk.
  • Puluhan pendukung RMS itu sebelum ditangkap, sempat menari dan membentangkan bendera RMS di depan SBY. SBY spontan marah. (aan/nrl)

Kecolongan RMS SBY Panggil Gubernur Maluku (M Hanafi Holle – detikcom)

  • Jakarta – Presiden SBY langsung turun tangan memanggil Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu dan jajarannya menyusul insiden kebobolan pendukung RMS di acara Hari Keluarga Nasional (Harganas).
  • SBY melakukan pertemuan di kantor Gubernur, Jalan Pattimura, Ambon, Jumat (29/6/2007).
  • Pertemuan itu dihadiri Kapolda Maluku Brigjen Guntur Gatot Setiawan dan Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Sudarmaidy. Hingga kini pertemuan tertutup itu masih berlangsung.
  • Puluhan pendukung RMS sebelumnya sempat menari sambil membentangkan bendera RMS pada peringatan Harganas ke-14 di Lapangan Merdeka Ambon. Acara ini dihadiri Presiden SBY. SBY jelas marah melihat insiden itu. 30 Orang pendukung RMS pun diamankan di Mapolda Maluku. (aan/nrl)

Demo RMS di Depan SBY Tamparan Keras Bagi Polri (umii Kalsum – detikcom)

  • Jakarta – Demo pendukung Republik Maluku Selatan (RMS) di hadapan Presiden SBY menjadi tamparan keras bagi kepolisian RI menjelang HUT-nya yang ke-61 pada 1 Juli nanti. Harusnya peristiwa itu tidak terjadi.
  • “Ini musibah pengamanan. Tamparan keras bagi Polri. Seharusnya ini tidak terjadi. Harus diselidiki internal panitia bagaimana. Saya khawatir panitia disusupi pendukung RMS yang ingin unjuk gigi di mata presiden,” ujar anggota Komisi Kepolisian Novel Ali kepada detikcom, Jumat (29/6/2007).
  • Polri, imbuh Novel, harus melihat dan introspeksi diri di mana titik kelemahan proses pengamanan Presiden yang harusnya sangat ketat.
  • “Tidak hanya sisi polisi saja, tapi juga harus dilihat kelemahan sistem atau sub tertentu yang memang bukan tanggung jawab polisi. Misalnya, panitia seni untuk penyambutan presiden,” ujar Novel.
  • Novel menduga kasus yang memalukan ini terjadi karena faktor human error yang harusnya bisa dihindari.
  • “Harusnya untuk presiden, pengamanan polisi luar biasa. Ini kejadian langka dan aneh yang harusnya tidak terjadi. Bagaimana bisa? Dalam sistem keamanan, ini tidak layak,” tanya Novel.Selain polisi, harus dicari pula satuan lain yang memiliki akses dalam pengamanan presiden yang mungkin disisipi simpatisan RMS, sehingga kejadian ini tidak bisa diantisipasi.
  • “Kalau disengaja apa bisa, bisa jadi ada unit keamanan di luar polisi yag ingin membuat malu presiden. Jadi ini perlu diproses dari semua sisi, tidak hanya polisi karena menyangkut pengamanan presiden,” tegasnya. (umi/nrl)

Aksi

Information

22 responses

3 07 2007
ario dipoyono

ooo alah gitu aja kok repot

3 07 2007
almascatie

SBY kan ge ditawari bendera RMS, mo beli apa ga… buat koleksi aja tuh

3 07 2007
Jagur

SBY jelas marh, ada tamu gk di undang pake kolor yg sama lagi. trus saya pake apa ?

4 07 2007
Wahyu

@ pak ario

ya repot to pak, untung sby nga di bacok heheheh

@ almascatie

Mungkin mau di buat celana kolor kayak pasukan RMS😛

@jagur

pake Gt man pak

12 10 2007
menksom

wah top, cman untung kolornya ga transparan, kalo ga bia keliatan …..

26 12 2008
h. damar harjotirto

pasti ada sebabnya kan?
kita musti eleminir penyebabnya aja.ok?

6 01 2009
sofi domargo

apa maxudna… yg penting jangan asal menduga… ok

31 01 2009
h. damar harjotirto

lho Fi, itu bukan menduga. Sesuatu terjadi PASTI ada sebabnya kan? salah satunya, petugas keamanan TELEDOR he he he

13 02 2009
moluccan

RMS itu mimpi orang maluku, smpai kpan pun mimpi itu tidak akan hilang dari ingatan orang Maluku. Cepat atau lambat mimpi itu akan jd kenyataan…

Saya bangga sebagai orang MALUKU, karena kami punya sesuatu u/ diperjuangkan…saya bangga dengan RMS….

Mena Moeria…

21 02 2009
dmrhtirto

Eropa mimpi bersatu maka munculah Uni Eropa. Kita udah sepakat bersatu dalam Indonesia Raya. Alangkah indahnya bila semua warga bangga akan sukunya, pulaunya, adat istiadatnya namun bahagianya dirasakan bersama dalam wadah NKRI. Kita harus punya kebanggaan yang ditanam dalam kebahagiaan bersama. Indahnya….. Dari Sabang sampai Merauke dan kesemua pulau-pulau tak perlu urus visa karena kita semua bersaudara dan telah kita ikrarkan dalam Sumpah Pemuda.

7 10 2009
agi

gimana mau berdiri tuh negara RMS, benderanya aja di jadiin kolor,keburu kualat toh orang!

7 10 2009
agi

RMS bukan impian orang maluku,tapi impian orang-orang yg akan berkuasa di sana, saya yakin orang maluku lebih sengsara bila RMS berdiri,lihat aja timor-timur, sekarang tuh jamannya otonomi daerah,klo emang para pemimpinnya ingin mensejahtrakan rakyatnya itu mah hal mudah

5 01 2010
vera

oh ala gitu8 to ae koq mrh2..he,he,he,

mknx tu POLRI klo mw jg itu jgn maen2 yg serius donk…

16 07 2010
Poncratis

Vive les Moluquois libres!! Vive le droit des peuples à disposer d’eux-mêmes!! Vive Amboine (Ambon) capitale d’un état indépendant, tolérant et démocratique!! Vive le RMS!!
Que Dieu vous garde dans un esprit de paix.
Poncratis

18 08 2010
RLau

To: agi (20:32:27): Memangnya kalau sebuah negara baru merdeka (Timor-Leste) langsung bahagia dan ngaak ada lagi masalah? Jadi waktu Indonesia merdeka dari Belanda, kehidupan rakyat Indonesia langsung bahagia dan sejahtera secara ekonomi ya? Kalau ngomong pake otak jangan pake lutut!

Tentang RMS demo itu karena tandanya tidak puas dengan sesuatu!

5 09 2010
afruz

saya orang maluku…
RMS BUKAN MIMPI ORANG MALUKU HANYA MIMPI SEBAGIAN ORANG YANG PUNYA KEPENTONGAN DI DALAMNYA…
INDONESIA TANAH AIR BETA!!!
TANPA MALUKU BUKAN INDONESIA!!!!
nyong jang mimpi rms mw badiri…. katong baku kabas deng parang!!!!
DIMANA NYIUR MELAMBAI ITULAH INDONESIA

29 09 2010
anyone

gt aja kok marah…….tariannya bagus kok…..harusnya sby senyum2…..

11 10 2010
wirosableng

jangan mimpi bo rms ga ada apa-apanya
klo teroris ada apa-apanya///////????????

18 02 2011
Sahabudin Lapele

BETA ORANG MALUKU!!

JANG KAMONG (RMS) MIMPI VOR BADIRI SANDIRI!!
BKING KACO LA LARI BASAMBUNY KA BELANDAI!!
KAMONG SUH LAMA DI BELANDA SAMPE SU LUPA RASA SAGU

BETA NIAT JIHAT PAR TUMPAS KAMONG TABADIRI!!

18 02 2011
Sahabudin Lapele

BERIKAN CELANA DALAM DAN BENDERAMU,,
DAN AKAN KU SOBEK DENGAN SALAWAKU!!!!

11 03 2011
jhon

maluku pujaanku….

6 04 2011
Nadia

saya orang maluku…
RMS BUKAN MIMPI ORANG MALUKU HANYA MIMPI SEBAGIAN ORANG YANG PUNYA KEPENTONGAN DI DALAMNYA…
INDONESIA TANAH AIR BETA!!!
TANPA MALUKU BUKAN INDONESIA!!!!
nyong jang mimpi rms mw badiri…. katong baku kabas deng parang!!!!
DIMANA NYIUR MELAMBAI ITULAH INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: